Saturday, July 12, 2014

Di Antara Neuer, Romero, dan Navas... Siapa yang Terbaik?

Di Antara Neuer, Romero, dan Navas... Siapa yang Terbaik?

Dua penjaga gawang tim finalis Piala Dunia, Manuel Neuer (Jerman) dan Sergio Romero (Argentina) bersama Keylor Navas, kiper Kosta Rika jadi nominator peraih Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2014.

Piala Dunia tahun ini di Brasil menjadi arena pertunjukan kiper-kiper bagus. Aksi penyelamatan mereka memikat para pecinta sepakbola yang tak menyangka bola-bola sulit bisa ditepis atau ditangkap.

Selama hampir satu bulan di Negeri Samba, kita menyaksikan penampilan gemilang Guillermo Ochoa (Meksiko) saat menahan serangan bertubi-tubi dari Brasil, kemudian Rais M’Bolhi (Aljazair) yang jadi tembok tebal untuk para pemain Jerman.

Catatan kiper bagus lainnya adalah Thibaut Courtois (Belgia), Julio Cesar (Brasil), Tim Howard (Amerika Serikat), David Ospina (Kolombia), sampai Tim Krul dari Belanda yang menepis dua tendangan dalam drama adu penalti setelah masuk di semenit jelang berakhirnya babak perpanjangan waktu.

Akan tetapi, FIFA menilai bahwa tiga kiper yakni Neuer, Romero dan Navas adalah yang terbaik dan salah satunya pantas disematkan sarung tangan emas.

Neuer melakukan 25 kali penyelamatan di enam pertandingan Jerman. Pemain Bayern Munich itu mengoleksi tiga cleansheet dari duel kontra Portugal (4-0), Amerika Serikat (1-0) dan Prancis (1-0).

Romero menjadi pahlawan kemenangan Argentina di babak semifinal melawan Belanda. Ia sukses mementahkan tembakan penalti dari Ron Vlaar dan Wesley Sneijder dalam drama adu penalti.

Sementara itu Navas tiga kali terpilih sebagai bintang lapangan dari total lima partai yang dilewatinya. Namun Kosta Rika sayangnya harus angkat kaki seusai kalah dramatis dari Belanda lewat adu penalti.

Adu kemampuan Neuer dan Romero akan tersaji pada Senin (14/7/2014) dinihari WIB di Stadion Maracana. Mereka akan berusaha kuat untuk menjaga gawang masing-masinng agar tidak kebobolan. Menarik untuk dinanti kiper mana yang terbaik di pertandingan final nanti.

Dalam empat edisi sebelumnya, tiga kiper yang mengantar timnas juara dunia akan mendapatkan Sarung Tangan Emas dari FIFA. Nama ketiga pemain tersebut adalah Fabien Barthez (Prancis) di tahun 1998, Gianluigi Buffon (Italia) di tahun 2006 dan Iker Casillas (Spanyol) di tahun 2010.

Dalam sejarah penghargaan kiper terbaik, Jerman dan Kosta Rika sudah satu kali meraih anugerah tersebut, sedangkan Argentina dua kali. Pada edisi 1974, Sepp Maier mewakili Jerman Barat dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Empat tahun berikutnya, Argentina yang menjadi juara dunia untuk pertama kalinya menyertakan nama kiper Ubaldo Fillol untuk meraih anugerah serupa. Pada Piala Dunia 1990 di Italia, kiper terbaik diserahkan kepada dua pemain: Luis Gabelo Conejo (Kosta Rika) dan Sergio Goycochea (Argentina).

Berikan komentar jika Di Antara Neuer, Romero, dan Navas... Siapa yang Terbaik? ini menarik untuk disimak -