Sunday, September 5, 2010

Pakan Hidup

Melanjutkan postsing sebelumnya tentang pakan Arowana, Arwana merupakan jenis ikan carnivora, jadi pada habitat aslinya merupakan pemangsa. Adapun pakan hidup yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

Jangkrik dan belalang

Jika memberikan pakan jangkrik atau belalang, usahakan agar kakinya yang berduri dan tajam dipotong terlebih dulu, begitu juga dengan sayapnya yang keras. Agar tidak melukai mulut atau saluran pencernaan pada arwana.

Kelabang

Kelabang dipercaya dapat meningkatkan kecerahan warna arowana. Saat memberi makan arwana usahakan agar memotong terlebih dahulu capitnya yang sangat berbisa agar arowana tidak tersengat selagi mengunyahnya.

Udang air tawar

Udang hidup yang diberikan pastikan terhindar dari penyakit atau bakteri, karena dapat menular ke ikan.

Ikan

Jika memberikan arowana pakan berupa ikan, pastikan ikan tersebut tidak sakit. Untuk menghidari tertularnya kepada arwana.

Kodok dan cicak

Pemberian pakan kodok dan cicak tidak merepotkan. Cukup memilih kodok atau cicak yang berukuran sesuai dengan mulut arowana untuk menghindari arowana tersedak.

Ulat

Ada 3 jenis ulat yang biasanya diberikan kepada arowana, yaitu: ulat hongkong, ulat bambu & ulat jerman. Pemberian ulat jangan terlalu banyak, karena ulat dipercaya dapat menyebabkan suhu badan arowana menjadi panas.