Monday, June 30, 2014

Lolos Ke Perempat Final, Ini Kemenangan untuk Rakyat Kosta Rika

Lolos Ke Perempat Final, Ini Kemenangan untuk Rakyat Kosta Rika

Kemenangan untuk Rakyat Kosta Rika
TIMNAS KOSTA RIKA - Tim nasional Kosta Rika membuat sejarah di Piala Dunia 2014 dengan melaju sampai babak perempatfinal. Tim berjuluk Ticos itu mempersembahkan kemenangan ini untuk rakyat Kosta Rika.

Kosta Rika mendapatkan tempat di perempatfinal setelah menyingkirkan Yunani di babak 16 besar. Pada pertandingan di Arena Pernambuco, Recife, Senin (30/6/2014) dinihari WIB, mereka menang adu penalti 5-3.

Adu penalti terpaksa dilakukan lantaran skor tetap berimbang 1-1 setelah 120 menit. Memimpin lebih dulu lewat gol Bryan Ruiz, Kosta Rika kemudian kebobolan di injury time oleh gol Sokratis Papastathopoulos.

Dalam adu penalti, dewi fortuna berpihak kepada Kosta Rika. Kelima eksekutor mereka, yaitu Celso Borges, Ruiz, Giancarlo Gonzalez, Joel Campbell, dan Michael Umana menjalankan tugas dengan baik. Di kubu Yunani, cuma Kostas Mitroglou, Lazaros Christodoulopoulos, dan Jose Cholevas yang berhasil, sedangkan Theofanis Gekas gagal.

"Kami telah menganalisis segalanya, siapa-siapa saja yang akan mengambil penalti. Siapa yang maju pertama, kedua, dan ketiga," jelas pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto, di Reuters.

Kosta Rika harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-66. Mereka kehilangan Oscar Duarte yang menerima dua kartu kuning.

"Kami membicarakan soal ini, bahwa jika kami bermain selama 120 menit dengan satu pemain keluar, kami akan menang adu penalti. Itu adalah hukum kompensasi," kata Pinto.

Bagi Kosta Rika, ini adalah kali pertama mereka lolos ke perempatfinal Piala Dunia. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah babak 16 besar di tahun 1990. Pinto pun mempersembahkan keberhasilan ini untuk rakyat Kosta Rika yang berjumlah sekitar 5 juta jiwa.

"Untuk rakyat Kosta Rika, ini untuk kalian. Ini adalah orang-orang yang mencintai sepakbola, ini untuk kalian. Kalian akan merasakan kebahagiaan luar biasa," ujarnya.

Kosta Rika selanjutnya akan melawan Belanda di babak perempatfinal, Sabtu (5/7/2014) mendatang, di Arena Fonte Nova, Salvador. Belanda lebih dulu lolos setelah menang dramatis atas Meksiko.

"Belanda adalah tim kelas dunia, para pemain hebat, pemain-pemain brilian," kata Pinto.
Berikan komentar jika Lolos Ke Perempat Final, Ini Kemenangan untuk Rakyat Kosta Rika ini menarik untuk disimak -