Sunday, August 15, 2010

Cek Kecepatan Jaringan Lan dengan LAN Speed Test

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN

Bila bermasalah dengan kecepatan akses file di antara PC pengguna jaringan LAN, ada baiknya melakukan pengecekan. LAN Speed Test didesain khusus untuk menguji kecepatan koneksi jaringan LAN dari dan ke PC.

Pengetesan terbagi atas dua proses, antara lain proses writing file dan reading file yang berada pada folder tertentu. Setelah pengetesan statusnya complete, user dapat segera melihat hasilnya pada interface LAN Speed Test. Beberapa nilai dicantumkan, di antaranya packet length, time to complete, byte per second, bits per second, dan Mbps. User pun dapat melakukan pencetakan atas nilai-nilai tersebut.

Aplikasi ini merupakan aplikasi portable yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi Windows sehingga untuk menjalankannya, user tidak perlu melakukan installasi, karena dapat langsung dijalankan.

Harga: Gratis
Ukuran : 60KB
Download : Download