Tuesday, November 29, 2016

Berita Hari Ini, Jokowi: Rencana Penghapusan UN Akan Diputuskan Pekan Ini

info berita terbaru dari Bangkit.co.id berjudul Jokowi: Rencana Penghapusan UN Akan Diputuskan Pekan Ini - Berikut ini adalah berita selengkapnya

Bangkit.co.id – Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendi telah sampai pada Presiden RI Joko Widodo. Menurut Muhadjir, UN akan digantikan dengan ujian akhir yang dilimpahkan pada setiap provinsi atau bisa disebut desentralisasi.


Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan menggelar rapat terbatas dengan pihak-pihak terkait untuk selanjutnya dapat memberikan keputusan mengenai hal tersebut. Hal ini disampaikan presiden saat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional pada Minggu (27/11/2016) di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor.









“Di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memang sudah diputuskan agar UN itu didesentralisasi. Nanti akan kita rapatkan di minggu ini. Di rapat terbatas. Kemudian akan diputuskan,” kata Presiden Jokowi.


Terkait rencana penghapusan UN ini, Muhadjir sebelumnya memang mengatakan tinggal menuggu Instruksi Presiden (Inpres). Pelaksanaan ujian nasional akan didesentralisasi. Pemerintah provinsi akan bertanggungjawab untuk pelaksanaan ujian akhir siswa SMA/SMK sederjat. Sementara untuk siswa SMP, SD dan sederajatnya dilimpahkan ke pemerintah kabupaten/kota.


“Pelaksanaanya tetap standar nasional. Badan Standarisasi Nasional akan mengawal, mengontrol dan mengendalikan prosesnya. Jadi tidak ada lagi itu supply-supply soal ke daerah dikawal polisi,” jelas Muhadjir, Jumat (25/11/2016) lalu.



- berita selengkapnya dapat anda baca di Sini: http://bangkit.co.id/3146/jokowi-rencana-penghapusan-un-akan-diputuskan-pekan-ini