Saturday, December 10, 2016

Berita Hari Ini, Sidang Ahok, Dewan Pers Himbau Televisi Tidak Siarkan Langsung

info berita terbaru dari Bangkit.co.id berjudul Sidang Ahok, Dewan Pers Himbau Televisi Tidak Siarkan Langsung - Berikut ini adalah berita selengkapnya

Bangkit.co.id–Sidang kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan digelar pada Selasa, 13 Desember 2016 di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Terkait hal tersebut, Dewan Pers menghimbau Televisi atau media lain tidak melakukan siaran langsung.


Menurut Yosep Adi Prasetyo selaku Ketua Dewan Pers, penayangan langsung siding Ahok dapat menimbulkan ekses negatif. Bahkan, ia menilai siaran langsung siding kasus penistaan agama tersebut berpotensi menimbulkan perpecahan bangsa.


“Media jangan terlalu bernafsu menayangkan langsung untuk kepentingan public. Publik yang mana?” ucapnya dalam sebuah diskusi yang digelar di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta Pusat (9/12/2016) oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.









Hal tersebut juga senada dengan apa yang dikatakan oleh Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan. Ia menganggap siaran langsung dapat berpengaruh terhadap kebebasan hakim sehingga mempengaruhi output persidangan. Menurutnya juga, dalam kasus yang menjerat Ahok ini memiliki dimensi yang lebih kompleks sehingga sangat berpotensi untuk menimbulkan pertentangan di masyarakat.


Bagir juga menambahkan bahwa misi pers yang sebenarnya adalah bagaimana membangun masyarakat yang bebas dan harmonis, buka masyarakat yang bebas dalam gontok-gontokan. Dalam menyikapi kasus Ahok ini, Bagir berharap pers lebih mengutamakan common sense dan wisdom.


Terkait persidangan ini, Yoseph hanya menyarankan kepada para media, jika ingin menayangkan langsung sebaiknya hanya saat pembacaan dakwaan dan vonis.



- berita selengkapnya dapat anda baca di Sini: http://bangkit.co.id/3461/sidang-ahok-dewan-pers-himbau-televisi-tidak-siarkan-langsung