Informasi Seputar Kabupaten Madiun dan Sekitarnya

Cara Membuat Burung Perkutut Berbunyi Nyaring

Cara Membuat Burung Perkutut Berbunyi Nyaring - Burung perkutut sebenarnya termasuk pada golongan burung yang liar. Namun burung ini masih dapat dijinakan untuk dijadikan hewan peliharaan atau pun untuk dikembangbiakkan. Selain untuk dipelihara, burung perkutut ini juga sering dijadikan sebagai lahan bisnis. Karena termasuk mudah dalam perawatan serta pemeliharaannya. Bila Anda pun ingin mencoba mengembangbiakkannya, dapat dilakukan di rumah walau hanya menggunakan sangkar burung gantung saja. Biasanya orang-orang menggantung di teras rumah agar burung perkutut nyaring suaranya dan menghibur pemiliknya. Walaupun burung ini sangat mudah dalam perawatannya, namun perlu telaten dalam mengurusnya agar tetap terus berbunyi dan memiliki suara yang nyaring. 
 Cara Membuat Burung Perkutut Berbunyi Nyaring
Burung perkutut hanya akan berbunyi nyaring bila dia merasa tenang dan senang. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara memberikan makanan kesukaannya, selain itu burung perkutut juga memiliki lokasi yang dia suka untuknya ‘bernyanyi’. Bila pada suatu saat Anda menggantung burung perkutut pada suatu tempat dan dia ‘bernyanyi’ secara terus menerus, berarti disanalah tempat favorit baginya. Usahakan lebih sering menggantungnya pada lokasi itu agar suaranya juga semakin terasah. Bagi Anda yang berniat memeliharanya untuk mendapatkan burung perkutut yang bersuara indah, maka harus diperhatikan dari awal pada saat pemilihan induknya. 
 
Cara Membuat Burung Perkutut Berbunyi Nyaring Indukan harus memiliki suara yang bagus diantaranya suara harus terdengar bening, suara yang stabil saat berbunyi, memiliki tempo yang tetap. Selain makanan biji-bijian, burung juga harus diberikan vitamin agar selalu dalam kondisi yang sehat. Selain itu juga dapat ditambahkan madu, kuning telur, kencur, garam dan lada putih pada makanannya sebagai penambah stamina. Selain menempatkannya pada lokasi yang disukai, ada cara lain agar burung dapat berbunyi serta bersuara indah dan nyaring. Yaitu dengan cara memberikannya ramuan daun saga. Daun saga ini diremas dan dibentuk bulat-bulat kecil agar dapat lebih mudah dimakan oleh burung. Manfaatnya adalah dapat menjernihkan suara.
 
Cara lain adalah dengan memberikan terasi. Bentuk pula terasi menjadi bentu-bentuk kecil kemudian berikan kepada burung dengan cara dicekoki. Manfaatnya dapat membuat burung menjadi rajin berbunyi. Daun saga dan terasi dapat diberikan satu minggu sekali secara teratur. Namun bila burung sudah sering berbunyi dan memiliki suara nyaring mulailah dikurangi pemberiannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda agar burung perkutut nyaring bunyinya. Maupun bagi Anda yang dalam tahap belajar memelihara burung perkutut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Burung Perkutut Berbunyi Nyaring