Thursday, October 14, 2010

Banyak Jalan Menuju Roma



     
   
   
   

 
Seorang pria memotong rambut sebelum melakukan perjalanan ke Roma. Dia menuturkan rencana perjalannya ke tukang cukur yang menjawab, "Mengapa Roma? Orang tidak ingin pergi ke sana karena padat, kotor, dan penuh orang Italia? Kau gila untuk pergi ke Roma! Jadi, bagaimana Anda menuju ke sana?"

"Kami naik Garuda," adalah jawabannya. "Kami memperoleh tiket murah!"

"Garuda?" seru si tukang cukur. "Itu maskapai mengerikan, pesawat mereka sudah tua, pramugari mereka kasar, dan mereka selalu terlambat. Jadi, di mana kau tinggal di Roma?"

"Kami akan berada Hotel Internasional Marriott di pusat kota."

"Itu adalah hotel yang terburuk di kota itu. Kamar kecil, layanan yang masam dan mahal. Jadi, apa yang ingin Anda lakukan ketika sampai di sana?"

"Saya akan pergi untuk melihat Vatikan dan saya berharap dapat melihat Bapa Paus."

"Luar biasa," si tukang cukur sambil tertawa, "Kau dan satu juta orang yang lain mencoba untuk melihat dia. Dia akan melihat Anda seperti seukuran semut. Semoga sukses pada perjalanan payahmu."

Sebulan kemudian, pria itu datang lagi untuk potong rambut seperti biasanya. Tukang cukur bertanya kepadanya tentang kunjungannya ke Roma,

"Menyenangkan," jelas orang itu, "Saya berangkat tepat waktu dengan pesawat terbaru Garuda, tapi karena ada kelebihan booking saya dipindah ke kelas bisnis tanpa tambahan biaya dengan sajian makanan dan anggur yang lezat. Dan ada pramugari 28 tahun yang setia melayani saya. Dan hotel tempat kami menginap sungguh besar, mereka baru saja menyelesaikan pekerjaan renovasi senilai $ 25 juta dan sekarang ini menjadi hotel terbaik di kota. Mereka juga ada kelebihan booking, sehingga mereka meminta maaf dan memberi kami presidential suite tanpa biaya tambahan!"

"Yah," gumam si tukang cukur, "Aku tahu kau tidak bisa melihat Paus."

"Sebenarnya, saya cukup beruntung, ketika saya dan rombongan berkeliling Vatikan, seorang Garda Swiss menepuk bahu saya dan menjelaskan bahwa Paus secara pribadi ingin menemui beberapa pengunjung, dan beruntungnya aku untuk masuk ke kamar pribadinya dan menunggu. Benar saja, lima menit kemudian Paus berjalan melewati pintu dan menjabat tangan saya dan dia bicara padaku..."

"Benarkah?" tanya si tukang cukur, "Apa yang dia katakan?"

"Dia berkata, 'Dari mana Anda mendapatkan potongan rambut seburuk ini?'"