Friday, August 6, 2010

TRIK MEMILIH AROWANA


 Pada dasarnya kelengkapan tubuh yang sempurna merupakan faktor utama memilih arowana, karena perubahan fisik tidak akan dapat terjadi selama pemeliharaan, meskipun ukuran tubuhnya terus bertambah.

Untuk mengetahui bagus tidaknya pertumbuhan arowana dimulai dari umur dan ukuran ikan saat membeli, warna ikan mungkin belum terlalu muncul karena masih muda. Namun perawatan yang maksimal dan sumber genetic yang bagus akan membuat ikan arowana tampil secara maksimal.

CIRI-CIRI AROWANA YANG BAGUS ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
-         Memiliki kumis lengkap yang berjumlah 2 helai atau sepasang yang panjangnya 1-1,5cm. kondisi tidak patah atau panjang sebelah selain itu posisi sungutnya harus tegak ke atas.
-         Mata terlihat segar, cerah, bening dan bentuknya bulat sempurna, kelopak mata terbuka seluruhnya, pada arowana dewasa mata tidak turun atau juling
-         Mulut yang terbilang lebar, rahangnya tampak kokoh dan bentuknya mengarah ke atas, rahang bawah lebih panjang dari rahang atasnya.
-         Bibir arowana yang sempurna adalah bibir yang bagian atas dan bawahnya simetris atau sejajar.
-         Insang yang dapat menutup sempurna, dari itu jangan memilih arowana yang bentuk insangnya tidak sempurna/seperti melipat.
-         Sisik yang rapi dan mulus (tidak gerepes)

Semoga bermanfaat hasil ketikan ogut (bangkit)