Thursday, July 8, 2010

software untuk penulis


Tak zamannya lagi memakai Word bawaan Windows. Download dari sini: tujuh aplikasi yang lebih bagus dan sesuai kebutuhan penulis.
Ada banyak program menulis yang sangat mudah dan menyenangkan dipakai, gratis pula. Cocok bagi penulis fiksi, non-fiksi, maupun bloger. Ada program khusus untuk menulis cerpen. Ada yang spesial bagi novelis; lengkap dengan fitur penulisan fiksi semacam outline, karakter, dll.
word bagus bagi orang kantoran; blog berita; jarar siahaan
Aku sendiri sudah beberapa tahun tidak lagi memakai Microsoft Office Word. Ketika masih bekerja sebagai wartawan suratkabar pun aku sudah tidak memakai Word untuk menulis. Banyak fitur Word yang sama sekali tidak dibutuhkan seorang penulis kreatif, dan banyak fitur yang justru dibutuhkan seorang penulis tapi tidak terdapat pada Word. Sebab itu Word lebih tepat dipakai untuk pekerjaan orang-orang kantor seperti PNS di kantor camat, atau membuat surat-surat resmi perusahaan.
Singkat kata: Word bukan untuk MENULIS kreatif, Word lebih dibutuhkan untuk MEMFORMAT [mengatur tampilan] artikel maupun surat.
Penulis kreatif, termasuk novelis, cerpenis, bloger, wartawan, penulis buku, dll, menurutku tidak cocok memakai Word. Pilihlah satu dari tujuh program gratis yang kubuatkan link download-nya di bawah ini.
Bila tak mau repot-repot mengunduh dan menginstall program tersebut, ada program kecil bawaan Windows yang bisa dipakai, yaitu Notepad dan WordPad. Kedua program ringan ini sudah cukup bagi kebutuhan menulis seorang reporter koran, bloger, maupun cerpenis. Aku sendiri akan memilih memakai Notepad atau WordPad ketimbang Word, karena ringan, tidak rumit, dan pas sesuai kebutuhan.
Berikut adalah tujuh aplikasi menulis yang kusarankan bagi penulis kreatif. Silakan unduh, gratis kok, dan semuanya full version. Aku memakai beberapa di antaranya.